Tentang Amal

AMAL (Akhlaq)

Amal mengandung beberapa unsur seni, antara lain seni suara, seni rupa dan seni gerak, yaitu:

1. Dengan jalan “Hati” atau niat yang dalam keseharian sehingga menimbulkan efek
2. Dengan jalan “Lisan” dan apa yang terucap, pengucap - pengecap,
3. Dengan jalan “Mata” dan penglihatannya,
4. Dengan jalan “Hidung” dan penciumannya,
5. Dengan jalan “Telinga” dan pendengarannya,
6. Dengan jalan “Tangan” dan perabanya,
7. Dengan jalan “Kaki” dan langkahnya,
8. Dengan jalan “Gerak” dan Gaya panca inderanya,
9. Dengan jalan “Rasa”

Inilah yang harus dipelihara dan diketahui serta memenuhi keinginan dan kebutuhan– kebutuhannya (9 hal tersebut diatas), namun janganlah melanggar hal yang bukan menjadi kebutuhannya, karena akan menimbulkan efek yang tidak baik (basa sunda ; badan nu katempuhan).

Saat membimbing (ngemong) ‘hidup’ agar dalam ridho Allah SWT tergantung pada amal perbuatan masing–masing, baik dalam keadaan bahagia dan celaka pun tergantung dari hasil 9 hal tersebut. Oleh karenanya wajib mengetahui hal yang menjadi modal hidup ini yang dikaruniakan oleh Allah SWT. Manfaatkan dijalan Allah dengan landasan / dasar “beribadah” dengan sabar, tawakal. Begitu juga jika memiliki kehendak / tekad baik, guna meningkatkan harkat derajat dan martabat dalam pergaulan, maka kurangi dosa dan kesalahan yang melekat dalam diri manusia.

Berat memang dalam memelihara, mengasuh “hati” (dst), lantaran kelas/tingkatan hati itu sangatlah tinggi, nilainyapun sangat mahal dibanding emas, berlian. Hal ini menegaskan bahwa “hidup” nya manusia sangat berharga, walaupun Raja diraja sedunia tak akan mempunyai umur ganda (nyawa ganda), hanya Allah Yang Maha Langgeng Abadi.
==============
Catatan : Penjelasan lebih detail, mohon bimbingan, nasehat, petuah, tausyiah dari Guru Mursyid..
Title : Tentang Amal
Description : AMAL (Akhlaq) Amal mengandung beberapa unsur seni, antara lain seni suara, seni rupa dan seni gerak, yaitu: 1. Dengan jalan “Hati” atau n...
di November 15, 2015
Rating : 5 Dari :5 terbaik
SILAHKAN DISHARE :
 

Medar Ilmu Batin • All Rights Reserved